Minggu, 16 September 2012

Menghilangkan Bau Badan (BB)

                                                                                              Menghilangkan Bau Badan (BB)

Bau badan merupakan masalah klasik yang sering membuat kita tidak percaya diri dalam pergaulan. Hal ini dikarenakan bau badan kerap menganggu orang-orang di sekitarnya karena memang biasanya bau badan ini menyengat dan tidak sedap. Adapun bau badan disebabkan oleh terkontaminasinya keringat yang keluar dari tubuh oleh mikroorganisme sejenis bakteri yang kemudian secara aktif membentuk gas berbau. Bagian tubuh menjadi sumber bau antara lain ada pada ketiak yang kemudian ke seluruh tubuh dan anggota tubuh, serta lipatan tubuh dan daerah kaki.
Faktor-faktor penyebabnya bisa karena faktor internal (dalam tubuh) dan eksternal (luar tubuh). Faktor internal diantaranya meliputi makanan dan minuman yang berbau menyengat dan bisa juga penyakit, seperti diabetes, liver, dan sembelit akut. Kemudian faktor eksternal adalah kelembapan udara, temperatur, dan hal-hal lainnya.
Dan adapun untuk pencegahan dan pengobatan bau, anda mungkin bisa mengikuti cara dan langkah berikut ini, yaitu :
-      Langkah pertama dan mendasar adalah dengan menjaga kebersihan dengan mandi. Untuk hal satu ini biasa manusia normal mandi dalam satu hari dua kali, dan ini adalah pokok.
-     Menghindari makanan dan minuman yang beraroma menyengat, seperti bawang, petai, jengkol, minuman beralkohol yang akan memperparah bau badan. Paling tidak menguranginya apabila anda tidak dapat meninggalkannya. Dan diantara sebab lain adalah sering makan daging dan jarang makan sayur atua buah dapat juga menghasilkan bau badan yang tidak enak. Apalagi daging tersebut diolah secara digoreng atau dibakar atau tidak berkuah. Karena itu memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran segar serta makanan berserat tinggi, misalkan agar-agar, apel berkulit, salak dengan kulit arinya, dan banyak minum air putih merupakan pilihan yang tepat untuk mengurangi bau badan.
-      Mencukur rambut ketiak secara rutin untuk menghindari bakteri yang lebih ganas. Dan cara ini adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengantisipasi bau badan anda.
-      Kenakan pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, misal katun. Jangan memakai pakaian dari bahan sintetis yang sulit menyerap keringat, misal polyester.

-      Gunakan pembersih bau badan khusus seperti tawas.
-      Meminum rebusan daun sirih sangat baik untuk menghilangkan bau badan yang telah digunakan sejak dulu.
-      Minumlah rebusan air yang telah dicampur dengan parutan temu lawak untuk kadar air yang direbus sebanyak 1 liter sampai mendidih. Sebelum diminum dinginkan terlebih dahulu dan diminum secara rutin setiap hari.
-      Makan daun kemangi untuk lalapan yang telah terbukti mampu mengatasi bau badan dan bisa ditambahkan daun beluntas dan kunir. Namun apabila anda tidak suka dengan daun beluntas dan kunir bisa dengan makan kemangi saja sudah cukup.
Selamat mencoba dan sukses dari BB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar