Sabtu, 15 September 2012

PENGERTIAN OBAT

                                                          PENGERTIAN OBAT

Obat adalah sebuah ramuan zat sintetis ataupun kimia yang sudah diketahui jelas manfaatnya dan keamanan penggunaannya, dapat menyembuhkan, meringankan atau mencegah penyakit atau gejala-gejalanya. Sebuah obat baru boleh dikonsumsi dan beredar di pasaran obat setelah melalui serangkaian uji coba dan telah dinyatakan aman untuk digunakan pada dosis tertentu oleh departemen yang bersangkutan yang ditunjuk oleh pemerintah.
Obat bisa dikatakan sahabat bagi manusia karena dapat membangu menyembuhkan atau mengurangi penderitaan di kala sedang sakit (tentunya dengan izin Allah Subhanahu Wa Ta'ala). Namun, ada kalanya obat menjadi musuh yang ditakuti bila pemakaiannya secara sembarangan (tidak atas indikasi penyakit atau bila timbul reaksi alergi obat).
Agar terhindar dari pemakaian obat yang tidak tepat dan mengerti tindakan apa yang harus dilakukan bila timbul keluhan setelah penggunakan obat, sudah sepantasnya kita mengetahui secara garis besar tentang seluk beluk obat terutama obat-obatan yang sering kita gunakan.

Jenis-jenis Obat
Obat dapat tersedia dalam bentuk jenis yang bermacam-macam yang akan dipakai sesuai dengan kondisi pasien dan sasaran pengobatan. Obat yang dipakai secara per-oral (diminum) seperti tablet, kapsul, sirup, puyer dan granula (serbuk), diberikan pada pasien yang sadar dan dapat menelan obat. Pemberian obat per-oral relatif lebih aman walau mulai kerja obat lebih lama akrena harus melalui proses penyerapan pada saluran pencernaan. Obat yang diberikan secara disuntikkan (injektan) ke dalam pembuluh darah atau otot dilakukan bila dosis obat dibutuhkan dalam jumlah besar pada keadaan gawat darurat dimana diharapkan mulai kerja obat lebih cepat, pada pasien yang tidak sadar atau tidak dapat menelan obat dan bila sehat dapat rusak kalau melalui saluran pencernaan.
Di masyarakat saat ini, masih banyak yang beranggapan bila belum disuntik merasa belum diobati. Pendapat tersebut sangat keliru. Perlu diketahui bahwa pemberian obat melalui suntikan bukan tanpa bahaya, walau yang disuntikkan hanya vitamin karena bila timbul reaksi alergi, obat tidak dapat dikeluarkan lagi dari tubuh. Oleh karena itu, pemberian obat dengan cara disuntikkan hanya dilakukan bila benar-benar diperlukan (ada indikasi).
Lain halnya pula yang sering terjadi saat pasien berobat dalam keadaan demam tinggi atau telah mengalami kejang demam. Maka untuk mengatasi segera gejala tersebut perlu diberikan obat melalui suntikan. Namun, keluarga pasien menolak dengan alasan kalau lagi panas tidak boleh disuntik karena bisa terjadi kelumpuhan atau karena belum makan (lambung kosong) tidak boleh disuntik. Persepsi yang keliru ini jelas dapat menghambat dokter dalam membantu mengobati pasien. Tentunya seorang dokter punya alasan yang kuat bila harus memberikan obat suntik dan tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi reaksi alergi setelah obat disuntikkan. Yang penting pasien atau keluarga pasien jangan malu untuk minta penjelasan lebih dahulu mengapa harus disuntik, obat apa yang diberikan, apa manfaatnya, dan apa efek samping obat yang dapat timbul.
Sebaiknya setelah mendapat suntikan pasien tidak segera pulang, tunggu sekitar 20-30 menit, bila tidak ada keluhan boleh pulang. Karena, bila timbul reaksi alergi yang berbahaya dapat segera ditolong oleh dokter yang bersangkutan. Perlu diketahui bahwa pemberian obat suntik hanya boleh dilakukan oleh seorang dokter atau di bawah pengawasan dokter.

Kadaluwarsa Obat
Setiap bentuk obat memiliki batas waktu penggunaan (expired date) hanya saja pada obat cair, salep atau obat yang tidak habis dalam sekali pakai, bila segel kemasan telah terbuka maka batas keawetan obat tidak mengikuti lagi kadaluarsa yang tertulis pada kemasan obat. Obat sirup setelah segel dibuka dan bila obat disimpan dengan baik (botol tertutup dan di tempat yang kering dan sejuk) maka obat dapat bertahan sekitar tiga bulan. Obat krem atau salep dapat bertahan sekitar 2-3 bulan. Obat tetes mata setelah segel dibuka tidak boleh digunakan kembali setelah lebih dari 7-10 hari, karena obat tetes mata harus dalam keadaan cukup steril (bebas kuman) saat dipakai. Obat tablet atau kapsul yang dikemas dapat bertahan sampai batas kadaluarsanya asal disimpan ditempat yang kering dan kemasan belum rusak. Obat tablet yang tidak dikemas dapat dipakai bila warna dan permukaan obat masih seperti semula, tidak nampak ada serbuk kristal di permukaan obat. Obat dalam bentuk puyer yang dibungkus kertas hanya dapat bertahan sekitar dua minggu bila simpan di tempat yang tertutup (plastik atau pot obat).

Jenis Obat Menurut Khasiatnya
Untuk mengetahui obat apa yang harus dipakai dalam keadaan tertentu, alangkah baiknya bila mengenali istilah obat yang sesuai dengan khasiatnya yang sering tertera pada kemasan obat. Pembagian obat menurut khasiatnya diantaranya :
a.       Analgetik-Antipiretik
Obat ini berkhasiat mengurangi rasa sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, nyeri akibat luka atau radang. Selain itu juga dapat menurunkan demam.
Contoh obat : parasetamol, aspirin, antalgin, asam metenamat, asetasol.
b.      Antitusif
Berkhasiat untuk meredakan batuk, terutama batuk kering yang tidak disertai lendir. Biasanya pada sediaan obat bentuk tablet atau sirup pada obat batuk sudah terkandung obat ini.
Contoh obat: dekstormetorfon, kodein.
c.       Mukolitik
Berkhasiat untuk mengeluarkan dan mengencerkan dahak yang kental dengan mudah.
Contoh obat : bromheksi HCL dan asetil sistein
d.      Ekspektoran
Berkhasiat meredakan batuk berdahak dan merangsang pengeluaran dahak saluran nafas.
Contoh obat: obat batuk putih, obat batuk hitam, gliseril guaikolat, sirup ipekak.
e.       Dekogestan
Berkhasiat untuk melegakan hidung tersumbat dan mengurangi produksi lendir.
Contoh obat : efedrin HCL, fenil propanolamin, pseudoefedrin
f.       Antialergi dan antihistamin
Berkhasiat mengatasi semua gejala akibat penyakit alergi, seperti : alergi kulit (kaligata), bersin-pilek, gatal pada hidung-tenggorokan, asma dan sebagainya.
Contoh obat: CTM (klorfeniramin maleat), difenhidramin, prometazin.
g.      Antiemetik
Berkhasiat mengurangi rasa mual dan menekan rangsang muntah. Gunakan setidaknya setengah jam sebelum makan agar tidak muntah saat makan dan sesudah makan.
Contoh obat: metaklorramid, klorporomazin
h.      Antasida
Berkhasiat untuk menetralisir asam lambung pada penderita gangguan lambung (Dispepsia, gastritis) sehingga dapat mengurangi rasa nyeri, kembung dan mual. Obat ini sebaiknya dikunyah setengah jam setiap sebelum makan dan sebelum tidur malam.
i.        Antisipasmodik atau spasmolitik
Berkhasiat untuk melemaskan kram otot saluran pencernaan, laat kandungan dan saluran kemih, dimana kontraksi otot pada alat tubuh tersebut dapat menimbulkan rasa sakit seperti melilit, mules atau seperti ditusuk-tusuk yang sifatnya hilang timbul.
Contoh obat : papaverin
j.        Antimikorba atau antibiotik
Berkhasiat untuk melemahkan dan mematikan kuman (mikroba) yang dapat berupa bakteri, jamur atau parasit. Pemakaian obat ini paling sedikit selama 5 hari berturut-turut dan dosisnya sesuai aturan pemakaian dari ahlinya.
Antibiotik jangan dipakai sembarangan karena dapat timbul resistensi (kekebalan) kuman terhadap obat tersebut. Gunakan antibiotik hanya bila dokter memberikannya atau sepengetahuan dokter Anda.
Contoh obat: ampisilin, amoksilin, metronidazole, kotrimoksazole.

Reaksi Alergi Obat
Adakalanya tubuh kita sensitif terhadap obat-obat tertentu dimana terjadi reaksi alergi setelah penggunaan obat yang diminum, disuntikkan, dioleskan ataupun diteteskan.
Gejala alergi setelah pemakaian obat dapat berbentuk gatal-gatal dan bentol-bentol kemerahan pada sebagian atau seluruh kulit. Adakalanya gejala lebih hebat: muka tampak membengkak, badan serasa panas, sesak nafas seperti serangan asma, pingsan, dan lain-lain.
Jika timbul alergi setelah penggunaan obat dalam satu jenis atau beberapa macam, hentikan penggunaan obat tersebut dan segera hubungi dokter yang memberikan obat. Bila anda mempunyai obat antialergi bisa anda gunakan sebelum berangkat ke dokter. Jika timbul sesak nafas dan badan terasa dingin dan lemas segera berbaring dan posisi kepala sejajar atau lebih rendah dari jantung, longgarkan pakaian dan bila pasien cukup sadar berikan minuman yang banyak dan segera bawa ke rumah sakit terdekat. Biasanya dokter akan menghentikan salah satu obat tersebut yang diduga menjadi timbulnya alergi dan akan memberikan obat untuk mengatasi segera reaksi alergi, mungkin penyebabnya bukan obat tersebut atau terdapat lebih dari satu obat penyebab alergi disebabkan oleh hal lain, misalkan makanan, gigitan serangga dan sebagainya.
Catat dan ingat dengan baik obat apa saja yang menimbulkan alergi pada diri anda dan keluarga, agar saat berobat anda dapat memberitahukan hal tersebut pada dokter sehingga tidak terjadi reaksi alergi yang berulang-ulang pada pemakaian obat yang sama. Berhati-hati pada penggunaan obat yang belum pernah dipakai sebelumnya, coba dengan dosis yang lebih rendah dulu, bila 2-3 jam kemudian tidak ada reaksi alergi pada tubuh anda.
Reaksi alergi terhadap suatu obat atau zat merupakan hal yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya, apabila pada penggunaan obat untuk pertama kalinya. Adalah tidak bijaksana bila anda menyalahkan atau menjelek-jelekkan dokter karena obat yang diberikannya menimbulkan reaksi alergi pada anda atau keluarga. Alangkah baiknya anda segera menghubungi dokter yang bersangkutan agar ia dapat membantu anda mengatasi reaksi alergi dan memastikan obat mana yang menimbulkan alergi.
Gunakan obat bila memang diperlukan dengan cara yang tepat agar obat tidak berbalik menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh kita. Jangan segan untuk banyak bertanya seluk beluk obat-obatan pada dokter atau ahlinya dibidang tersebut. Dengan memakai obat secara tepat dan memohon kesembuhan pada Allah Subhanahu Wa Ta'ala Yang Maha Pemurah, Insya Allah, kesehatan akan terwujud pada keluarga kita. Amin.

1 komentar:

  1. Slot Machines & Casino - DrmCD
    Slot machines and casino 군포 출장샵 games from all over the globe. Visit our website and 남양주 출장마사지 visit our website. Enjoy the best slots and casino games right 안동 출장샵 from 강원도 출장안마 your  Rating: 4.2 · ‎2 동두천 출장안마 reviews

    BalasHapus